Cara Menentukan Harga Pada Produk Anda

Cara Menentukan Harga Pada Produk Anda! Penentuan harga produk Anda selalu merupakan bisnis yang rumit. Harganya tinggi dan Anda berisiko tidak terjangkau oleh mayoritas pelanggan target Anda. Sementara harga yang rendah dapat membantu Anda menembus pasar yang ramai, Anda berpotensi memulai perang harga habis-habisan yang akan membuat pemutusan bahkan sangat sulit.

bisnis

Menentukan Harga Pada Produk

Jadi bagaimana cara seorang pengusaha startup melakukan hal ini? Bagaimana Pengusaha Menentukan Harga Pada Produk untuk bisnis baru mereka. Berikut langkah-langkahnya.

Buat pemosisian unik

Pelanggan membandingkan harga produk Anda dengan persaingan hanya ketika ada sedikit atau tidak ada perbedaan nilai antara keduanya.

Salah satu cara untuk menggagalkan perang harga adalah dengan menawarkan pembeda atau pemosisian unik yang memisahkan produk Anda dari persaingan. Misalnya, jika produk Anda dibuat di AS, Anda dapat memasarkan fakta ini untuk membenarkan harga yang lebih tinggi.

Tambahkan nilai tambahan

Tergantung pada industri tempat Anda beroperasi, membuat pemosisian yang unik tidak selalu memungkinkan. Dalam kasus seperti itu, pemilik bisnis dapat mencoba memasukkan nilai tambahan ke dalam produk mereka untuk membenarkan harga yang lebih tinggi.

Harganya tinggi, lalu turunkan

Harga produk Anda selalu dapat diubah. Namun, selalu lebih sulit untuk meningkatkannya , dibandingkan dengan menguranginya.

Sebagai aturan praktis, selalu harga produk Anda lebih tinggi dari titik harga yang Anda inginkan pada hari-hari awal. Anda kemudian dapat secara bertahap mengurangi harga ke sweet-spot-nya.

Satu contoh bagus dari perusahaan yang mempraktikkan strategi ini adalah Apple. Setiap kali iPhone baru dirilis, ada kritik tentang tingginya biaya produk. Setelah pengguna awal masuk, Apple kemudian menurunkan harga produk ke tingkat yang lebih wajar. Pengadopsi awal produk Apple bersedia membayar premi, sementara yang lain yang dapat menunggu akan membeli saat harganya terjangkau.

Ketahuilah biaya Anda

Setiap industri memiliki rasio tipikal antara biaya produk dan harga eceran. Misalnya, salah satu pendiri yang saya ajak bicara adalah dalam bisnis manufaktur dan penjualan bantal. Dalam industrinya, rasio antara biaya dan harga harus 1: 5.

Pada hari-hari awalnya, pengusaha menjual bantalnya dengan harga yang jauh lebih rendah dari rasio ini. Hasilnya: dia hampir pergi ke ambang menyatakan kebangkrutan.

Intinya di sini adalah bahwa orang harus jelas memahami semua biaya yang masuk ke sumber bahan baku, manufaktur dan distribusi sehingga mereka dapat menjual produk dengan harga yang sesuai.

Pisahkan-uji poin harga yang berbeda

Kadang-kadang, satu-satunya cara untuk mencapai titik harga terbaik adalah dengan mengujinya terhadap pelanggan nyata. Jika Anda memiliki saluran penjualan daring, Anda dapat membuat laman landas terpisah untuk semua titik dan tingkatan harga yang berbeda yang ingin Anda uji. Dengan cara ini, laman landas yang tidak hanya mengonversi yang terbaik, tetapi juga menyediakan aliran pendapatan tertinggi yang dapat diterima dapat dipilih untuk semua transaksi di masa mendatang.

Bagaimana Cara Menentukan Harga Pada Produk Anda?

Satu benang merah yang saya temui selama percakapan saya dengan masing-masing pengusaha adalah kebutuhan untuk membenarkan harga produk Anda dengan menawarkan nilai yang besar. Meskipun selalu ada pasar untuk alternatif biaya rendah, orang harus mengadopsi strategi ini hanya ketika semua strategi lain tidak berfungsi.

Baca juga: http://f1tj.com/cara-mengevaluasi-peluang-bisnis-anda/

Kalau tidak, Anda bisa memicu perang harga, seperti yang diperlihatkan sejarah, selalu berakhir dengan perusahaan besar yang membunuh pesaing-pesaing mereka yang lebih kecil. Hal itu dikarenankan kesalahan dalam Menentukan Harga Pada Produk. Sebagai pengusaha pemula yang bekerja dengan anggaran ketat, ini adalah salah satu skenario yang tidak ingin Anda hadapi .