Bagaimana Desain Logo Perusahaan Sendiri ?

Apa Maksud dari Desain Logo Perusahaan Sendiri ? adalah representasi visual dari semua hal yang diperjuangkan oleh perusahaan Anda. Pikirkan lengkungan emas McDonald’s atau Nike swoosh-dua logo yang mengesankan ini mewujudkan perusahaan-perusahaan ini dengan baik. Tetapi banyak perusahaan masih berhemat dalam mengembangkan bagian identitas kunci ini.

bisnis desain logo

Idealnya, logo perusahaan Anda meningkatkan kesan pertama yang penting bagi calon pelanggan dan mitra bisnis Anda. Logo yang baik dapat membangun kesetiaan antara bisnis Anda dan pelanggan Anda, membangun identitas merek, dan memberikan tampilan profesional perusahaan yang mapan.

Pertimbangkan logo “tangan baik” Allstate. Ini segera menghasilkan perasaan hangat bagi perusahaan, melambangkan kepedulian dan kepercayaan. Dengan sedikit pemikiran dan kreativitas, logo Anda dapat dengan cepat dan secara grafis mengekspresikan banyak atribut positif dari bisnis Anda juga.

Jenis Logo

Pada dasarnya ada tiga jenis logo. Logo berbasis font terutama terdiri dari jenis perawatan. Logo IBM, Microsoft dan Sony, misalnya, menggunakan perawatan jenis dengan twist yang membuat mereka berbeda. Lalu ada logo yang secara harfiah menggambarkan apa yang dilakukan perusahaan, seperti ketika perusahaan lukisan rumah menggunakan ilustrasi kuas di logonya. Dan akhirnya, ada simbol grafis abstrak-seperti swoosh Nike-yang menjadi terkait dengan merek perusahaan.

“Simbol semacam itu tidak ada artinya sampai perusahaan Anda dapat mengkomunikasikan kepada konsumen apa asosiasi yang mendasarinya,” kata Americus Reed II, seorang profesor pemasaran di University of Pennsylvania’s Wharton School, yang melakukan penelitian tentang pemicu yang mengarahkan konsumen untuk mengidentifikasi dan menjadi setia pada suatu merek. Tetapi membangun jembatan mental itu membutuhkan waktu dan uang. The Nike swoosh tidak memiliki makna yang melekat di luar apa yang telah dibuat selama bertahun-tahun melalui upaya pemasaran yang cerdas yang telah mengubah logo menjadi “isyarat identitas” untuk gaya hidup atletik.

Bisnis yang terus tumbuh jarang dapat menghasilkan jutaan dolar dan usaha bertahun-tahun yang diperlukan untuk menciptakan asosiasi ini, jadi logo yang dengan jelas menggambarkan apa yang perusahaan Anda perjuangkan atau mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Bahkan pengobatan jenis nama perusahaan Anda mungkin terlalu generik, kata Placitas, New Mexico, perancang logo Gary Priester, kepala gwpriester.com, perusahaan desain web The Black Point Group. Priester percaya pelanggan harus dapat mengetahui apa yang Anda lakukan hanya dengan melihat logo Anda.

Mulai

Sebelum Anda mulai membuat sketsa atau mempelajari cara mendesain logo , pertama-tama artikulasikan pesan yang ingin disampaikan oleh logo Anda. Cobalah menulis gambar satu kalimat dan pernyataan misi untuk membantu memfokuskan upaya Anda. Tetap setia pada pernyataan ini saat membuat logo Anda.

Tapi itu mungkin tidak cukup untuk memulai. Berikut beberapa taktik dan pertimbangan tambahan yang akan membantu Anda membuat logo perusahaan yang sesuai:

Lihatlah logo-logo bisnis lain dalam industri Anda. Apakah pesaing Anda menggunakan gambar yang padat dan konservatif, atau grafik dan jenis yang mencolok? Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin membedakan logo Anda dengan yang dimiliki pesaing Anda.

Fokus pada pesan Anda. Putuskan apa yang ingin Anda sampaikan tentang perusahaan Anda. Apakah itu memiliki kepribadian yang berbeda-serius atau ringan? Apa yang membuatnya unik dalam kaitannya dengan pesaing Anda? Apa sifat audiens target Anda saat ini? Elemen-elemen ini harus memainkan peran penting dalam desain keseluruhan atau desain ulang.

Jadikan bersih dan fungsional. Logo Anda seharusnya berfungsi juga di kartu nama seperti pada sisi truk. Logo yang bagus harus dapat diskalakan, mudah direproduksi, diingat dan khas. Ikon lebih baik daripada foto, yang dapat terbaca jika diperbesar atau diperkecil secara signifikan. Dan pastikan untuk membuat logo yang dapat direproduksi dalam warna hitam dan putih sehingga dapat difaks, difotokopi, atau digunakan dalam iklan hitam-putih sama efektifnya dengan warna.

Nama bisnis Anda akan memengaruhi desain logo Anda. Jika nama bisnis Anda adalah “DC Jewelers”, Anda mungkin ingin menggunakan font serif yang berkelas untuk membubuhkan aksen huruf (terutama jika nama Anda memiliki inisial). Untuk perusahaan bernama “Lightning Bolt Printing,” logo mungkin menampilkan beberapa implementasi kreatif dari-Anda menebaknya-a petir.

Gunakan logo Anda untuk mengilustrasikan manfaat utama bisnis Anda. Logo terbaik membuat pernyataan langsung dengan gambar atau ilustrasi, bukan kata-kata. Logo “Lightning Bolt Printing”, misalnya, mungkin perlu menyampaikan manfaat bisnis “layanan pencetakan super cepat dan terjamin”. Gambar baut petir dapat dimanipulasi untuk menyarankan kecepatan dan jaminan.

Jangan gunakan clip art. Betapapun menariknya, clip art dapat disalin dengan mudah. Seni rupa asli tidak hanya akan membuat pernyataan yang lebih mengesankan tentang perusahaan Anda, tetapi ini akan membuat bisnis Anda berbeda dari yang lain.

Hindari penampilan trendi. Jika Anda mendesain ulang logo lama Anda, Anda berisiko membingungkan pelanggan – atau lebih buruk, mengasingkannya. Salah satu pilihan adalah membuat perubahan logo bertahap. Menurut Priester, Quaker Oats memodifikasi pria Quaker pada paketnya selama periode 10 tahun untuk menghindari merongrong kepercayaan pelanggan. Tetapi jangan berencana untuk membuat beberapa perubahan logo. Sebaliknya, pilih logo yang akan tetap berlaku selama 10 hingga 20 tahun, mungkin lebih lama. Itu tanda desain yang bagus. Bahkan, ketika Priester mendesain logo, dia berharap tidak akan melihat klien itu lagi.

Tonton Warna Anda

Satu hal yang perlu Anda waspadai saat Anda menjelajahi opsi warna adalah biaya. Logo lima warna Anda mungkin cantik, tetapi begitu tiba saatnya untuk memproduksinya di alat tulis, harganya tidak akan begitu menarik. Juga tidak akan berfungsi di media yang hanya memungkinkan satu atau dua warna. Cobalah untuk tidak melebihi tiga warna kecuali Anda memutuskan bahwa itu benar-benar diperlukan.

Logo Anda dapat muncul di berbagai media: papan nama, iklan, alat tulis, kendaraan pengiriman dan pengemasan, untuk beberapa nama. Ingat bahwa beberapa aplikasi tersebut memiliki batasan produksi. Pastikan Anda melakukan studi warna. Lihatlah logo Anda dalam versi satu, dua dan tiga warna.

Hire a Designer

Ketika brainstorming ide-ide logo sendiri merupakan langkah penting dalam menciptakan citra bisnis Anda, mencoba untuk membuat logo sepenuhnya pada Anda sendiri adalah suatu kesalahan. Ini mungkin tampak seperti cara terbaik untuk menghindari biaya tinggi pergi ke perusahaan desain profesional, yang akan membebankan biaya mulai dari $ 4.000 hingga $ 15.000 untuk desain logo. Perlu diketahui, bagaimanapun, bahwa ada ribuan desainer independen di sekitar yang mengisi jauh lebih sedikit. Menurut Stan Evenson, pendiri Evenson Design Group, pengusaha dengan anggaran yang ketat harus berbelanja untuk seorang desainer. “Ada banyak desainer [freelance] yang mengenakan tarif mulai dari $ 15 hingga $ 150 per jam, berdasarkan pengalaman mereka,” katanya.

Tapi jangan mempekerjakan seseorang hanya karena harga murah mereka. Temukan desainer yang akrab dengan bidang Anda. . . dan dengan pesaingmu. Jika biaya masih tampak terlalu tinggi, Evenson mengatakan, “ingat bahwa logo yang baik harus bertahan setidaknya 10 tahun. Jika Anda melihat amortisasi biaya itu selama periode 10 tahun, itu tidak terlalu buruk.”

Bahkan jika Anda memiliki mata yang baik untuk warna dan rasa seperti apa logo yang Anda inginkan, Anda masih harus berkonsultasi dengan desainer profesional. Mengapa? Mereka tahu apakah desain logo akan dengan mudah dipindahkan ke dalam cetakan atau ke tanda, sementara Anda mungkin datang dengan desain yang indah yang tidak dapat ditransfer atau akan dikenakan biaya terlalu banyak uang untuk dicetak. Logo Anda adalah fondasi dari semua materi promosi Anda, jadi ini adalah satu area di mana menghabiskan sedikit lebih banyak sekarang dapat benar-benar terbayar nanti.

Menggunakan dan Melindungi Logo Anda

Setelah Anda menghasilkan logo yang mewujudkan misi perusahaan Anda sekilas, pastikan Anda merek dagang untuk melindunginya dari penggunaan oleh perusahaan lain. Anda dapat mengajukan permohonan untuk merek dagang di Situs Web Paten dan Merek Dagang AS.

Kemudian, setelah dilindungi, gunakan di mana-mana Anda dapat-di kartu nama, alat tulis, kop surat, brosur, iklan, situs Web Anda, dan tempat lain di mana Anda menyebutkan nama perusahaan Anda. Ini akan membantu membangun citra Anda, meningkatkan visibilitas perusahaan Anda dan, idealnya, mengarah ke lebih banyak bisnis.

Membuat logo terdengar mudah, bukan? Itu bisa. Ingatlah untuk menjaga pelanggan Anda dan sifat bisnis Anda dalam pikiran ketika Anda menyatukan semuanya. Pada waktunya, Anda akan berhasil membangun ekuitas dalam merek dagang Anda, dan itu akan menjadi simbol yang positif dan dapat dikenali dari produk atau layanan Anda.

Disusun dari artikel yang ditulis oleh Tim, dan dari kutipan dari Memulai Bisnis Anda Sendiri.